Rabu, 16 November 2016

Pengalaman membuat E passport dan Apply Visa Schengen

Pengalaman membuat E- Passport


Hai semuanya kali ini aku mau sharing soal pengalamanku bikin passport di Imigrasi kelas 1 khusus Jakarta selatan. Untuk pembuatan passport disarankan datang ketika hari selasa atau jumat karena pada hari itu kita bisa ikut pelayanan pagi, jadi kalau mau ikut pelayanan pagi disarankan jam 6 pagi sudah sampai dikantor imigrasi yaaa huehehhe, waktu itu aku berangkat dari rumah jam 5 pagi, sampai imigrasi sekitar jam 5.10 pagi deh, trus disana udah ada yang antri untuk bikin passport, aku pikir bakalan jadi orang pertama yang dateng ke imigrasi, ternyata aku dapat nomor antrian ke 9 hahaha. Waaaw banget ya.
Berikut syarat –syarat kelengkapan dokumen yang harus dilengkapi:

KTP
Kartu Keluarga
  1. akta kelahiran, akta perkawinan atau buku nikah, ijazah, atau surat baptis
dan kalau ingin ganti passport biasa menjadi E-passport jangan lupa untuk membawa passport lama yaa dan biaya pembuatan passpot kira kira 655 ribu ( bisa melalui bank transfer atau bayar langsung).
untuk lebih lengkap bisa lihat link di bawah ini:
http://www.imigrasi.go.id/index.php/en/layanan-publik/paspor-biasa#persyaratan
Ouh iya, waktu apply passport jangan lupa bilang mau apply E passport karena nanti dokumennya akan dicap, karena waktu itu petugas imigrasinya lupa kasih cap E-passport ke dokumen aku, untungnya aku cek dulu dokumennya.
Setelah diperiksa kelengkapan dokumen, tinggal nunggu dipanggil untuk wawancara dan foto. Sekitar jam 8 pagi udah selesai wawancara dan foto. Petugas imigrasi memberitahu kalau passport yang sudah jadi akan dikirim ke rumah( harus alamat rumah, ga boleh alamat kantor ya) jadi kita ga perlu balik lagi untuk mengambil passport.
Ternyata bikin passport itu udah ga ribet kaya dulu hohoho,, (cami pernah bikin passport sekitar 5 tahun yang lalu, katanya beda banget pelayanannya)
Sekarang udah ga ribet lagi dan ga perlu pakai calo, kantor Imigrasi kelas 1 jakarta selatan  sedang menjalani ujicoba mengenai program pengiriman passport ke rumah, jadi kita cukup satu kali datang ke kantor imigrasi untuk pendaftaran, wawancara dan foto :D.
Puas banget sama pelayanan kantor imigrasi kelas 1 khusus Jakarta selatan
Good Job!!!


Apply Visa Schengen

Setelah pembuatan passport yang berjalan dengan lancarr dan akhirnya si passport mendarat dengan selamat dirumahku, kita memutuskan untuk apply visa schengen.
Untuk kelengkapan dokumen visa schengen ini lebih ribet, huhuuu
Untuk apply visa schengen ini kamu bisa apply dimana aja (wilayah eropa ) , aku pilih apply di kedubes Jerman, sebenernya tujuan utama kita itu paris, tapi karena cami udah pernah punya pengalaman mengurus visa di kedubes jerman yaudah akhirnya kita pilih kedubes jerman. Sebelum datang hubungi kedubes jerman terlebih dulu untuk membuat jadwal wawancara (Apply visa), setelah itu kedubes jerman akan mengirimkan jadwal wawancara yang sudah disepakati (jangan lupa diprint dan dibawa yah, karena nanti akan diperiksa oleh security)
langsung aja, berikut persayaratan apply visa schengen:
  • 1.     Paspor
  • 2.    Foto à harus sesuai persayaratannya ya. Background putih ( waktu foto bilang aja ke tukang fotonya untuk apply visa eropa, biasanya sih udah ngerti abang abangnya huehehe)
  • 3.    Formulir permohonan
  • 4.    Asuransi perjalanan- > untuk harganya sekitar 560 ribu
  • 5.    Bukti keuangaà rekening tabungan 3 bulan terakhir
  • 6.    Surat rekomendasi bank à bikin di Bank
  • 7.    Reservasi tiket dan hotel
  • 8.    Surat keterangan kerja
  • 9.    Biaya pembuatan visa. Waktu aku apply sekitar 900 ribu


Drama pembuatan Visa Schengen
Tanggal 09.09.2016 kita udah bikin appointment to apply visa jam 7.30 wib, okehh semalam gue langsung atur alarm supaya ga kesiangan, tapi emang dasar ya gue itu suka salah set alarm, mau diatur jam 5.30, eh tapi malah gue atur jam 6.30 T^T. untungnya gue denger suara keponakan yang udah berisik dari jam 6 kurang, akhirnya gue langsung bangun dan liat jam, omaygooood jam 6 kurang 10 huhuhu, si mas udah telponin gue dan ternyata dia udah sampe di benhil ( jadi semalem kita lupa untuk fotocopy dokumennya) terus paginya janjian di tempat fotocopy benhil. Okelah aku langsung jalan dan ternyata macettt, padahal biasanya lancar loh kalau masih dibawah jam 7. Akhirnya jam 7 aku baru sampai di benhil padahal jadwal apply visa jam 7.30 T^T.
Pas sampe ditempat fotocopy si mas udah bête, teruuss setelah fotocopy berangkatlah ke kedubes jerman
si mas Tanya: “ surat appointmentnya dibawa ga?”
gu : kayanya dibawa
Si mas: yaudah keluarin aja, biar nanti ga ribet cari cari lagi
Gue:  *panik , karena banyak kertas. Dicari cari ga ada T^T* , “Yah kok ga ada yaa suratnya *sambil pasrah bakal diomelin T^T*
Si mas makin bête: “ Ah elaaah.. Kalau sampe ditolak aku gamau ngurus lagi ke jerman,  udah kita apply jepang aja”
*dan gue Cuma bisa diem ketakutan, yaudahlah ya hahahaa

Sambil deg degan takut diomelin dan pasrah sama kemungkinan kemungkinan terburuk yang terjadi hahhaha, akhirnya sampai kita di kedubes jerman, ternyata kayanya sih kedubes baru dibuka karena banyak yang antri didepan gerbangnya. Okelah setelah diperiksa kita masuk ke lantai 2 untuk wawancara,
Nah, yang diwawancara Cuma si mas aja, karena  mungkin kita apply bareng dan bilang tujuan kesana untuk honeymoon.  Si mas bolak balik ambil dokumen dan isi formulir yang kurang. Aku Cuma duduk diem  sambil deg degan dan mikir *kira kira di approve atau engga ya*. Setelah dicek ternyata reservasi hotel kita kurang satu hari, akhirnya si mas disuruh ke warnet untuk ngebooking hotel, dikasih waktu sampai jam 10 pagi (hari itu juga) untuk kasih bukti reservasi hotel ke petugasnya.
Akhirnya selesai juga pengurusan visa schengen, setelah itu aku langsung balik ke kantor, seharian aku kepikiran sama visa. Kalau sampai visa shengenku ditolak rasanya fufuufufu, sudah jatuh tertimpa tangga pula. Udah diomelin sama si mas, udah bayar (aku mikir 3 jutaa melayang, karena kita pakai uang tabungan bareng, kan lumayan 3 juta bisa buat beli tiket ke bali).
Seminggu kemudian, tanggal 15 september (pengambilan paspor di kedubes jerman), karena kantor si mas dekat dengan kedubes jerman, jadi aku bikin surat kuasa supaya si mas aja yang ambil paspor aku disana.
Aku sudah menyiapkan diri jika visa schengenku ini ditolak, sambil menghibur diri sendiri dalam hati berkata: ah yasudahlah kita ke jepang saja, toh disana juga ada Disneyland atau ya sudahlah kita ke bali aja nginep di hotel bintang 5, toh kita bisa bermewah mewahan dibali.
Rasanya ga sabar nunggu kabar dari si mas, akhirnya si mas ngechat aku:
Mas: “besok kamu bisa apply visa jepang ga?
Gue: T^T, ditolak ya?
Mas : iya, besok langsung apply jepang aja ya
Gue : yah beneran ditolak? Kenapa alasannya ditolak?
Si mas: tuh alesannya,




horaaaaay ternyata visa schengen kita di approve :D 

0 komentar:

Posting Komentar

 

Dream World Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang